Sunday, April 11, 2010

Manusia dan tanggung jawab

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.
tanggung jawab pun yang paling pertama yaitu pada diri sendiri lalu pada keluarga dan yang terakhir tanggung jawab dalam bermayarakat.
menurut saya tanggung jawab itu lebih kepada seorang manusia yang memiliki keberanian atau tidak dalam hidupnya karena karena tanggu jawab itu adalah pilihan kita bisa saja lari dari tanggung jawab tersebut seperti seorang pengecut karena tanggung jawab sama seperti kita mengungkapkan sebuah kejujuran yang kadang tidak akan selalu berjalan lancar malah kadang akan membuat hidup kita jadi lebih sulit namun itu lah hidup tidak semuanya lancar ada saja cobaan .
contoh dari sebuah tanggung jawab seperti seorang anak laki-laki yang manghamili seorang wanita namun awalnya dia lari karena takut tapi setelah dia yankin maka akan muncul keberanian dalam dirinya untuk bertanggung jawab apakan itu adalah sebuah hal yang baik ?
menurut pendapat saya apa yang ia lakukan itu memang baik tapi lebih baik lagi bila dia tidak menghamili wanita tersebut karena kita masih bisa memilih hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan dalam hidup kita walaupun iya bertanggung jawab terhadap wanita tersebut masih banyak lagi yang akan meminta pertanggung jawaban seperti tuhan , keluarga terutama orang tua nya.